Cara Menanam Hidroponik Dengan Rockwool

admin / 20-10-2020


Bagi kamu yang sangat gemar bercocok tanam, pastinya tahu dengan salah satu cara menanam tanaman yang satu ini. Yaitu cara menanam hidroponik yang berbeda dengan Cara Stek Buah, namun bagi kamu yang belum mengenal cara yang satu ini, berikut admin berikan penjelasannya. Hidroponik merupakan salah satu cara menanam tanaman hanya dengan memanfaatkan media air atau sebagian besar media yang digunakan dalam cara menanam hidroponik adalah air. Cara ini sangatlah mudah dan sederhana, kamu tidak perlu menambahkan tanah atau hanya perlu menambahkan tanah sedikit saja. Tanaman hidroponik sendiri tidak perlu membutuhkan tanah banyak- banyak untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tidak hanya itu dibandingkan dengan cara menanam tanaman pada umumnya, tanaman hidroponik ini tidak memerlukan banyak air karena medianya sendiri sudah berupa air. Dan ini sangat cocok di aplikasikan di daerah- daerah yang memiliki jumlah kadar air terbatas.

Dan sebenarnya, media tanam hidroponik sendiri memiliki banyak jenisnya tidak hanya menggunakan air seluruhnya saja, kamu juga bisa menambahkan berbagai macam media untuk menunjang pertumbuhan tanaman agar lebih baik. Salah satu jenis media tanam hidroponik yang saat ini sedang digemari banyak orang karena ke efektifannya dan berbeda dengan Cara Mencangkok Tanaman, yaitu cara menanam hidroponik dengan rockwool. Berikut admin berikan 5 cara sederhana menanam Hidroponik dengan Rockwool ;

5 Cara Menanam Hidroponik Dengan Rockwool

Rockwool merupakan salah satu media tanam yang biasanya digunakan dalam cara menanam aquaponik ataupun hidroponik dan terbuat dari batuan basal yang sebelumnya sudah dipanaskan dengan suhu sekitar 1600 oc. Dengan proses tersebut, batuan yang tadinya keras dan padat menjadi semacam serat yang hampir menyerupai spon berbentuk kubus.

1. Pemilihan Rockwool

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar benih tanaman yang nanti di tanam dapat tumbuh dengan baik yaitu pemilihan media tanam berupa rockwool. Rockwool yang dimaksud yaitu rockwool dengan kualitas yang baik dan tidak cacat. Kamu bisa mendapatkannya di toko pertanian atau di PT Tali Rejeki. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menanam dengan menggunakan media tanam rockwool yaitu :

  • Rockwool merupakan media tanam yang memiliki banyak pori- pori, sehingga dapat menyimpan air lebih baik dari media tanam lain. Dengan ini kamu tidak perlu sesering mungkin menyiram tanaman.
  • Dengan tingkat sterilitas yang tinggi pada rockwool, maka tidak perlu khawatir dengan adanya hama, jamur, hingga bakteri yang dapat menyerang tanaman.
  • Dengan banyaknya pori- pori yang ada pada rockwool, benih yang kamu tanam pun akan tumbuh lebih mudah dan tidak perlu melakukan proses penggemburan layaknya menanamnya di media tanah.

2. Pemotongan Rockwool

Setelah kamu mendapatkan rockwool dengan kualitas yang baik, langkah selanjutnya adalah pemotongan rockwool. Ini sangat penting agar benih tanaman yang anda semai dapat ternutrisi dengan lebih baik, sebab sangat berbeda jika kamu melihat Cara Menanam Toge. Berikut langkah- langkahnya :

  • Pertama kamu dianjurkan untuk menyiapkan wadah semai berupa tray plastik ataupun pot- pot kecil yang dapat dijumpai di berbagai toko tanaman.
  • Ukurlah rockwool dengan ukuran 2x2x3cm dan potong menyerupai balok menggunakan gergaji.
  • Berilah lubang kecil di setiap potongan untuk meletakkan benih tanaman yang akan di semai dengan kedalaman sekitar 1 hingga 1,5cm.
  • Pastikan pada setiap balok rockwool hanya memiliki satu lubang tanam saja dan tata di atas tray semai ataupun masukkan ke dalam pot- pot kecil yang sudah kamu siapkan.

3. Penyemaian Benih Menggunakan Rockwool

Langkah selanjutnya dalam cara menanam hidroponik dengan rockwool yang jelas berbeda dengan Cara Menanam Halia Bentong, yaitu menyemai benih yang kamu tanam. Pada satu tray media semai, kamu bisa menanam lebih dari satu jenis tanaman yang di inginkan. Cara penyemaiannya pun sangat mudah dan sederhana, untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :

  • Pertama setelah kamu menata rockwool dan melubangi bagian tengahnya, masukkan benih tanaman ke dalam lubang semai secara perlahan agar rockwool tidak rusak.
  • Pastikan kamu hanya memasukkan satu buah benih ke dalam satu lubang tanam dan hindari memasukkannya lebih dari satu buah karena akan mengganggu penyerapan nutrisi oleh akar tanaman.
  • Basahi rockwool dengan air hingga cukup basah dan lembab, lalu tutuplah media semai.
  • Untuk penutup media semai, kamu dapat menggunakan kresek berwarna hitam ataupu kain yang gelap. Ini bertujuan agar benih cepat bertunas dan tidak terkena paparan terik matahari.
  • Letakkan media semai tersebut di dalam ruangan yang memiliki pencahayaan kurang ataupun tidak terkena sinar matahari secara langsung.

4. Perawatan Bibit Tanaman

Untuk perawatan tanaman hidroponik yang ditanam menggunakan rockwool sangat mudah, berbeda dengan Cara Budidaya Rumput Laut, dan tidak perlu menghabiskan macam- macam seperti biaya pembelian pupuk ataupun obat jamur pada tanaman. Hal ini karena berbeda dengan media tanam lainnya, dengan menggunakan media rockwool kamu tidak perlu melakukan pemupukan pada proses penyemaian. Dan untuk merawat tanaman pada media rockwool anda hanya perlu menjaga kelembaban media saja. Berikut adalah tips agar kelembaban media rockwool selalu terjaga :

  • Setelah masa semai berlalu yaitu tunas benih tanaman sudah tumbuh dengan ketinggian kurang lebih 3 hingga 5cm, kamu sudah bisa melepaskan penutup pada media tanam dan meletakkan bibit tanaman tersebut di ruangan dengan penyinaran cukup.
  • Setelah itu, perhatikanlah tanaman setiap hari pada pagi dan sore.
  • Jika kelembaban pada media rockwool sudah mulai mengering, kamu bisa mulai menyiramkan air dengan cara menyemprotnya dengan spray.
  • Oh iya, kamu hanya dianjurkan melakukan penyiraman jika media tanam sudah mulai mengering untuk menjaga kelembabannya.
  • Jangan lupa untuk memberi tanda dengan tusuk gigi pada tanaman yang berbeda jenisnya.
  • Untuk pertumbuhan tunas dan penyiraman tanaman tergantung pada jenis benih yang di tanam. Hal ini karena setiap tanaman juga memiliki sistem penyerapan nutrisi yang berbeda dengan perawatan penyiraman yang berbeda pula, akan lebih baik jika itu merupakan salah satu jenis tanaman sayur.

5. Pemindahan Tanaman

Langkah terakhir dalam cara menanam tanaman hidroponik dengan rockwool yaitu pemindahan tanaman. Sebenarnya kamu juga bisa menanam tanaman dengan rockwool tanpa melakukan pemindahan. Namun akan lebih baik jika bisa memindahkan tanaman untuk ditanam di tempat pilihan kamu seperti di kebun, halaman ataupun pekarangan rumah. Dan berikut merupakan langkah mudah dalam melakukan pemindahan tanaman :

  • Berbeda jika kamu melakukan cara menanam pada umumnya, dengan menggunakan media rockwool kamu tidak perlu memisahkan bibit dari media tanamnya.
  • Kamu dapat langsung memasukkan bibit dan media tanam rockwool ke dalam lahan tanam yang sudah di siapkan.

Demikian cara menanam hidroponik dengan rockwool, sangat mudah dan praktis bukan, sehingga kamu dapat mempraktikkannya di rumah. Lakukanlah cara di atas dengan baik agar tanaman yang di tanam dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan kualitas yang baik. Selamat mencoba.




PT TALI REJEKI

JL. RAYA TARUMAJAYA NO. 11 RT 001 RW 029 DUSUN III DESA SETIA ASIH KEC. TARUMAJAYA KAB. BEKASI 17215


JAM OPERASIONAL

Senin - Jumat

Pukul 08.00 - 17.00 WIB

TELP: 021-29470622, 021-22889956

Fax: 021-29470622

Email: talirejeki@gmail.com

Contact Person

Mobile & Whatsapp

Klik Untuk Menghubungi Team Marketing Kami,

Siti : 0813 8252 3722

Ummi Sallama :  0877 2185 5602

Kurnia : 0813 8480 8218 (WA Only)

Bagyo :  0877 8918 6641

Sari : 0813 1682 6959

Adi Sudarmo : 0813 1002 9533

Edy Purwanto : 0815 1451 5990

GET SOCIAL

LIKE US ON FACEBOOK


LOKASI KAMI

Copyright © 2011 - 2020 PT Tali Rejeki | All rights reserved.